HAMIL MUDA PADA WANITA

  1. Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

Untuk kehamilan pertama dengan umur kehamilan yang masih muda kebanyakan pasangan tidak bisa mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Padahal menyambut janin itu sangatlah penting untuk tetap menjaga janin agar tetaplah sehat sampai kelahiran tiba.

Di zaman yang modern ini sudah hadir berbagai alat tes kehamilan yang bisa digunakkan kapanpun dan dimanapun. Kalian juga bisa datang langsung ke rumah sakit untuk tes langsung agar hasil yang dinginkan lebih akurat. Namun sebelum kalian mengeluar kan uang untuk tes kehamilan ada baiknya kalian mengetahui tanda – tanda kehamilan terlebih dulu. Di bawah ini akan di jelaskan tentang beberapa tanda-tanda kehamilan.

promil berhasil jogja

  1. Payudara yang Membesar

Perubahan payudara sedikit tidak mengenakan untuk para calon ibu, karena biasanya akan merasa nyeri dan sedikit gatal bila disentuh, namun tidak semua para calon ibu merasakan hal tersebut. Ukuran payudara biasanya meningkat dua atau tiga kali ukuran dari biasanya, hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan progesterone. Untuk para calon ibu dapat dilihat puting dan areola atau lingkarang cokelat di sekitar puting akan terlihat lebih gelap.

  1. Bentuk Tubuh yang Berubah

Sebagian besar wanita hamil, tubuhnya akan mengalami pembengkakan yaitu bagian paha, lengan, bagian bokong. Pada usia kandungan yang mencapai 12 minggu biasanya wanita hamil berat badannya akan naik 2-3kg. Apabila seorang dalam peningkatan berat badannya terlalu banyak dari biasanya atau bisa dikatakan naik dari atas normal, sebaiknya kalian melakukan aktivitas fisik seperti membersihkan rumah, berkebun, jalan-jalan atau aktivitas fisik lainnya yang tidak terlalu berat.

promil berhasil

  1. Sering Buang Air Kecil

Di awal masa kehamilan ukuran bayi memanglah masih kecil, namun secara alami Rahim akan membesar dengan sendirinya. Pembesaran rahim ini menyebabkan kandung kemih tertekan sehingga wanita hamil akan lebih sering bolak-balik ke kamar mandi.

  1. Mual/ Morning sickness

Sebagian besar wanita hamil pasti mengalami hal ini, mual yang paling parah biasanya terjadi saat pagi hari, maka dari itu disebutlah Morning Sickness. Gejala mual biasanya disertai dengan muntah, namun hal ini dapat diatasi dengan asupan vitamin B6 atau mengkonsumsi olahan jahe.

  1. Susah Buang Air Besar

Dikarenakan hormon progesterone meningkat sehingga menyebabkan kontraksi otot melambat. Hal ini menyebabkan seorang wanita hamil susah untuk buang air besar.

  1. Mudah Lelah

Seorang wanita akan bekerja lebih keras, hal ini dikarenakan untuk mendukung pertumbuhan si buah hati. Jadi tidak heran jika seorang wanita hamil cepat lelah. Oleh karena itu di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi agar yang ibu tidak mengalami anemia dan rasa lelah yang lebih lagi.

 

  1. Sensitive Terhadap Bau

Seorang wanita hamil akan lebih mudah sensitive terhadap bau yang menyengat. Banyak terjadi seorang wanita hamil tidak mau makan makanan favoritnya dikarenakan baunya. Karena hal seperti ini wanita hamil sangat di anjurkan untuk menghindari berbagai bau di sekitar rumahnya agar makanan yang telah masuk ke perut tidak dikeluarkan kembali.

  1. Perubahan Suasana Hati (mood)

untuk wanita hamil biasanya lebih mudah terbawa perasaan padahal hanya karena suatu hal yang sepele. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormone yang meningkat dan tubuh terasa tidak enak, selain itu juga karena mudahnya lelah yang dialami seorang wanita hamil. Jadi untuk suami harus memaklumi wanitanya yang sedang hamil, dan jangan dibesarkan suatu masalah karena hal yang sepele.

promil berhasil bantul

Itulah beberapa tanda bahwa kalian sedang hamil, jika kalian merasa mengalami tanda-tanda di atas sebaiknya segera cek kehamilan kalian ke dokter, supaya tidak mengganggu aktivitas keseharian kalian ataupun mengganggu kehamilan kalian yang masih muda. .

 

  1. Makanan yang Perlu Dikonsumsi saat Hamil Muda

Seseorang yang hamil harus mengetahui makanan apa saja yang perlu dikonsumsi saat hamil agar kehamilannya dapat terjaga dengan sehat sampai hari kelahiran datang. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi untuk wanita hamil :

  1. Makanan yang mengandung asam folat

Karena tubuh tidak menyimpan asam folat mau tidak mau kalian harus mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, karena makanan ini digunakan untuk pertumbuhan sel-sel baru yang dibutuhkan sang janin. Beberapa makanan yang mengandung asam folat, diantaranya hati ayam, hati sapi Sreal, kentang, papaya jeruk alpukat, pisang kubis atau kol, brokoli, sawi, kangkung, dan bayam.

  1. Karbohidrat, Kalorin dan Protein

Untuk wanita hamil sangat dianjurkan untuk menambah asupan makanan karena tubuh seorang wanita hamil bekerja keras dalam memberikan kondisi nyaman terhadap janinuntuk berkembang. Hal ini penting karena wanita hamil lebih mudah lemas, selain itu juga agar tubuh janin dapat selalu dalam kondisi normal.

promil berhasil yogyakarta

  1. Kalsium

Untuk janin yang terus menerus tumbuh pastinya janin membutuhkan kalsium, kalsium yang disapat oleh janin yaitu dari yang di asup sang ibu. Jika wanita hamil tidak mengkonsumsinya kalsium dalam jumlah yang cukup, maka jangan heran apabila wanita hamil sering mengeluh punggunya yang sakit. Jadi untuk wanita yang hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup, contohnya : bayam, yougurt, keju, kacang almont dan makanan lainnya.

  1. Makanan yang mengandung banyak vitamin

Tubuh sangat perlu vitamin baik sedang hamil, maupun tidak. Namun, untuk orang hamil harus sangat diperhatikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh karena mempengaruhi perkembangan sang janin. Anda perlu makan yangmengandung banyak vitamin diantaranya sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu, sereal, dan makanan lainnya yang mengandung banyak vitamin.

  1. Zat Besi

Untuk menghindari rasa pusing saat hamil dan untuk menghindari anemia wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi zat besi yang cukup. Kurangnya zat besi dapat menggangu perkembangan janin. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging, ikan, dan susu.

  1. Lemak omega 3

Mengkonsumsi lemak omega 3 dapat merangsang bayi menjadi cerdas, oleh karena itu wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ini. Bahkan banyak iklan-iklan produk susu hamil yang menampilkan nutrisi ini. Lemak omega 3 dapat didapat dari ikan(terutama sarden, dan biji-bijian (biji labu kuning dan biji bunga matahari.

This entry was posted in Home Design. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *